Translate

Selasa, 15 April 2014

ANALISIS KELAYAKAN USAHA RAINBOW JUICE



PERENCANAAN BISNIS
MANAJEMEN G

KELOMPOK 3
ZHEFRIN VAN FERNANDHI                           20120410243
DEDI SAPUTRA                                   20120410245
YAYAN MUAZIZ                                         20120410247
GAUTAMA MAHARDIKA PUTRA              20120410259


ANALISIS KELAYAKAN USAHA
RAINBOW JUICE






1.ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

1. Produk/Jasa yang dihasilkan

Produk yang kami buat adalah rainbow juice atau biasa disebut jus pelangi yaitu jus/minuman yang berasal dari berbagai macam buah buahan seperti alpukat,mangga,strawberry dan sirsak yang kami mix menjadi sebuah jus yang ditempatkan di dalam gelas yang dari kejauhan hasil dari mix buah buahan tersebut terlihat seperti pelangi yang terdapat dalam gelas.

2.Gambaran Pasar

Dilihat dari persaingan pasar memang sudah banyak yang menjual produk minuman yang mempunyai ciri masing masing contoh es oyen,es dawet hitam,berbagai softdrink,maupun jus buah.Tapi kami yakin dan tetap berusaha Jus Pelangi ini akan disukai banyak orang dipasaran.

Kami harus optimis dikarenakan sekarang sudah banyak minuman seperti softdrink yang tidak menyehatkan tubuh,tapi produk kami ini kaya akan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Jadi jus pelangi kami ini sangat berpeluang dipasaran baik dilingkungan kampus UMY maupun ditempat tempat lain.



(PERSONAL SELLING)
       Kita memiliki program penjualan tatap muka, dengan target awal teman kuliah karyawan dan dosen, di umy, serta penjualan diberbagai event tertentu yang diselenggarakan di Umy maupun diluar Umy.

(BROSUR)
       Membuat brosur mengenai produk yang kami jual untuk promosi produk, serta mengenalkan pada masayarakat  umum keberadaan usaha kami, sehingga mereka bisa menjadi langganan tetap uasaha kami.

(ADVERTISING / IKLAN)
 Adapun promosi yang dilakukan oleh kami yaitu melalui selebaran/brosur,media social seperti facebook,blog,dan twitter.


3.Target atau Segmen Pasar Yang Dituju


Targeting     : Kelompok mahasiswa/ anak sekolahan, karyawan, dosen, diwilayah kampus UMY dan masyarakat umum diluar kampus UMY serta teman-teman disekitar kos.

Segmentasi     : Kelompok mahasiswa/ anak sekolahan, karyawan, dosen, yang  sebenarnya  merupakan target  pasar kami.


4.Trend Perkembangan Pasar

Mengingat tingginya minat masyarakat terhadap kuliner, khususnya di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, maka kami memperkirakan penjualan minuman jus pelangi ini akan berjalan dengan cukup baik,apalagi dengan cuaca saat ini yang sudah memasuki musim panas/kemarau.

5.Rencana Strategi Penjualan


PENGEMBANGAN PRODUK
Sejalan dengan perkembangan waktu membuat inovasi untuk mengatasi persaingan dari pihak lain dan agar konsumen tidak pernah bosan dengan produk kita. Dengan membuat inovasi baru pada produk yaitu dengan menambah variasi buah buahan untuk jus pelangi kami,tidak hanya 4 buah seperti alpukat,manga,strawberry dan sirsak saja,tapi buah buhan yang lain  dan kemasan.

PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Dengan iklan yang kami pasang melalui, brosur, dan internet kami berharap peluang pasar kami tidak hanya di sekitar kampus UMY akan tetapi dapat mencapai seluruh wilayah di Jogja dan sekitarnya.


5.ANALISIS KELAYAKAN BISNIS / ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA 

a.  DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR
Dampak terhadap masyarakat sekitar yang kami dapatkan cukup beragam, yang dapat kami uraikan sebagai berikut:
a)  Menumbuhkan minat konsumsi terhadap kuliner minuman yang bergizi, sehingga menumbuhkan kecintaan akan produk lokal.
b) Memberikan media komunikasi dan silaturahmi antara produsen dan konsumen.
c)  Membangun jaringan dan koneksi dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas.
d) Membuka lapangan kerja bagi masyarakat atau bahkan mahasiswa-mahasiswi yang menginginkan kerja paruh waktu.

b.  ANALISIS RESIKO USAHA
Analisis resiko usaha yang mungkin terjadi dalam produksi jus pelangi ini adalah sebagai berikut:
a)  Adanya pesaing-pesaing home industri di bidang kuliner yang memungkinkan produk kami kurang diminati oleh masyarakat yang kemudian akan mengakibatkan laju pemasaran dan penjualan yang tersendat.
b) Apabila pemasaran dan penjualan tersendat, maka arus kas kami juga akan mengalami penurunan atau bahkan mengalami kerugian.

c.  ANTISIPASI RESIKO USAHA

Meninjau dari analisis resiko usaha yang mungkin terjadi, kami akan melakukan beberapa langkah agar resiko tersebut dapat terminimalisir. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a)  Melakukan beberapa kreasi dan inovasi agar produk kami terlihat jauh menarik dan menimbulkan minat beli pada masyarakat. Sebagai contoh, kami akan membuat kemasan dari jus pelangi ini semenarik mungkin,sehingga masyarakat tertarik pada pandangan pertama terhadap produk kami yang terlihat seperti pelangi.

b) Melakukan beberapa strategi keuangan yang ketat, namun tetap optimal.

6.  RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

STRATEGI PEMASARAN
o   Memasarkan produk kepada calon konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan melalui berbagai media yang ada.
o   Melayani konsumen dengan baik, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan atas layanan yang diberikan oleh kami
o   Memberikan laporan pertanggung jawaban kepada Ketua Tim  atas tugas dan wewenang yang dipikulnya.

STRATEGI KEUANGAN
o   Melakukan pengelolaan keuangan secara baik, guna membiayai seluruh operasional usaha bisnis.
o   Bertanggung jawab terhadap penggunaan uang operasional usaha bisnis sekecil apapun yang didistribusikan/digunakan oleh masing-masing bagian.
o   Memberikan laporan hasil kerja atau laporan pertanggung jawaban baik berupa ikhtisiar  rugi / laba dan penggajian, serta menerima laporan kasir  tentang keluar masuknya nilai rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar