PERENCANAAN
BISNIS
MANAJEMEN
G
KELOMPOK
3
ZHEFRIN VAN FERNANDHI 20120410243
DEDI SAPUTRA 20120410245
YAYAN MUAZIZ 20120410247
GAUTAMA MAHARDIKA PUTRA 20120410259
ANALISIS KELAYAKAN USAHA
RAINBOW JUICE
1.ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
1. Produk/Jasa yang dihasilkan
Produk
yang kami buat adalah rainbow juice atau biasa disebut jus pelangi yaitu
jus/minuman yang berasal dari berbagai macam buah buahan seperti
alpukat,mangga,strawberry dan sirsak yang kami mix menjadi sebuah jus yang ditempatkan
di dalam gelas yang dari kejauhan hasil dari mix buah buahan tersebut terlihat
seperti pelangi yang terdapat dalam gelas.
2.Gambaran Pasar
Dilihat
dari persaingan pasar memang sudah banyak yang menjual produk minuman yang
mempunyai ciri masing masing contoh es oyen,es dawet hitam,berbagai
softdrink,maupun jus buah.Tapi kami yakin dan tetap berusaha Jus Pelangi ini
akan disukai banyak orang dipasaran.
Kami
harus optimis dikarenakan sekarang sudah banyak minuman seperti softdrink yang
tidak menyehatkan tubuh,tapi produk kami ini kaya akan vitamin serta mineral
yang dibutuhkan oleh tubuh.
Jadi
jus pelangi kami ini sangat berpeluang dipasaran baik dilingkungan kampus UMY
maupun ditempat tempat lain.
(PERSONAL SELLING)
Kita memiliki program penjualan
tatap muka, dengan target awal teman kuliah karyawan dan dosen, di umy, serta
penjualan diberbagai event tertentu yang diselenggarakan di Umy maupun diluar
Umy.
(BROSUR)
Membuat
brosur mengenai produk yang kami jual untuk promosi produk, serta mengenalkan
pada masayarakat umum keberadaan usaha
kami, sehingga mereka bisa menjadi langganan tetap uasaha kami.
(ADVERTISING / IKLAN)
Adapun promosi yang dilakukan oleh kami yaitu
melalui selebaran/brosur,media social seperti facebook,blog,dan twitter.
3.Target atau Segmen Pasar Yang Dituju
Targeting : Kelompok mahasiswa/ anak sekolahan,
karyawan, dosen, diwilayah kampus UMY dan masyarakat umum diluar kampus UMY serta
teman-teman disekitar kos.
Segmentasi :
Kelompok mahasiswa/ anak sekolahan, karyawan, dosen, yang sebenarnya merupakan target pasar kami.
4.Trend
Perkembangan Pasar
Mengingat tingginya minat masyarakat terhadap kuliner, khususnya di
lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan wilayah Daerah Istimewa
Yogyakarta sendiri, maka kami memperkirakan penjualan
minuman jus pelangi ini akan berjalan dengan cukup baik,apalagi dengan cuaca
saat ini yang sudah memasuki musim panas/kemarau.
5.Rencana Strategi
Penjualan
PENGEMBANGAN PRODUK
Sejalan dengan perkembangan waktu membuat inovasi untuk mengatasi
persaingan dari pihak lain dan agar konsumen tidak pernah bosan dengan produk
kita. Dengan membuat inovasi baru pada produk yaitu dengan menambah variasi
buah buahan untuk jus pelangi kami,tidak hanya 4 buah seperti alpukat,manga,strawberry
dan sirsak saja,tapi buah buhan yang lain dan kemasan.
PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Dengan iklan yang kami pasang melalui, brosur, dan internet kami
berharap peluang pasar kami tidak hanya di sekitar kampus UMY akan tetapi dapat
mencapai seluruh wilayah di Jogja dan sekitarnya.
5.ANALISIS KELAYAKAN BISNIS / ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO
USAHA
a. DAMPAK TERHADAP
MASYARAKAT SEKITAR
Dampak terhadap
masyarakat sekitar yang kami dapatkan cukup beragam, yang dapat kami uraikan
sebagai berikut:
a) Menumbuhkan minat konsumsi terhadap kuliner minuman yang bergizi,
sehingga menumbuhkan kecintaan akan produk lokal.
b) Memberikan media
komunikasi dan silaturahmi antara produsen dan konsumen.
c) Membangun jaringan
dan koneksi dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas.
d) Membuka lapangan
kerja bagi masyarakat atau bahkan mahasiswa-mahasiswi yang menginginkan kerja
paruh waktu.
b. ANALISIS RESIKO
USAHA
Analisis resiko usaha
yang mungkin terjadi dalam produksi jus pelangi ini adalah sebagai berikut:
a) Adanya pesaing-pesaing
home industri di bidang kuliner yang memungkinkan produk kami kurang diminati
oleh masyarakat yang kemudian akan mengakibatkan laju pemasaran dan penjualan
yang tersendat.
b) Apabila pemasaran
dan penjualan tersendat, maka arus kas kami juga akan mengalami penurunan atau
bahkan mengalami kerugian.
c. ANTISIPASI RESIKO
USAHA
Meninjau dari
analisis resiko usaha yang mungkin terjadi, kami akan melakukan beberapa
langkah agar resiko tersebut dapat terminimalisir. Diantaranya adalah sebagai
berikut:
a) Melakukan beberapa
kreasi dan inovasi agar produk kami terlihat jauh menarik dan menimbulkan minat
beli pada masyarakat. Sebagai contoh, kami akan membuat kemasan dari jus
pelangi ini semenarik mungkin,sehingga masyarakat tertarik pada pandangan
pertama terhadap produk kami yang terlihat seperti pelangi.
b) Melakukan beberapa
strategi keuangan yang ketat, namun tetap optimal.
6. RENCANA
PENGEMBANGAN USAHA
STRATEGI PEMASARAN
o
Memasarkan produk
kepada calon konsumen baik secara langsung maupun secara tidak langsung dengan
melalui berbagai media yang ada.
o
Melayani konsumen
dengan baik, sehingga konsumen mendapatkan kepuasan atas layanan yang diberikan
oleh kami
o
Memberikan laporan
pertanggung jawaban kepada Ketua Tim
atas tugas dan wewenang yang dipikulnya.
STRATEGI KEUANGAN
o
Melakukan pengelolaan
keuangan secara baik, guna membiayai seluruh operasional usaha bisnis.
o
Bertanggung jawab
terhadap penggunaan uang operasional usaha bisnis sekecil apapun yang
didistribusikan/digunakan oleh masing-masing bagian.
o
Memberikan laporan
hasil kerja atau laporan pertanggung jawaban baik berupa ikhtisiar rugi / laba dan penggajian, serta menerima
laporan kasir tentang keluar masuknya
nilai rupiah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar