Translate

Selasa, 15 April 2014

MAKALAH MANAJEMEN KUALITAS



MAKALAH MANAJEMEN KUALITAS
“PERUSAHAAN MEUBEL INDRALOKA”

KELOMPOK 2

ZHEFRIN VAN FERNANDHI                20120410243
FITRI YENTI                                            20120410244
DEDI SAPUTRA                                       20120410245

MANAJEMEN G


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
2012/2013

I.                  PENDAHULUAN
Jepara adalah ikon produk furniture Indonesia. Kalau dunia menyebut furniture Indonesia, maka yang mereka maksud adalah furniture Jepara. Begitu juga di Indonesia sendiri, hampir semua daerah bangga kalau di rumahnya ada produk furniture Jepara, apakah dalam bentuk kursi tamu, sofa, buffet, lemari dan sebagainya. Produk furniture Jepara membuat status sosial pemilik rumah naik sekian derajat, karena dinilai punya selera bagus tentang furniture.
Kejayaaan produk furniture Jepara bukan sekarang saja. Waktu Belanda masih menjajah Indonesia, produk furniture Jepara sudah mengisi kediaman-kediaman para pejabat Belanda maupun penguasa lokal di berbagai daerah di Indonesia. Perahu phinisi adalah sarana transportasi utama yang banyak disebut-sebut sebagai media penyebaran produk furniture Jepara ke seluruh kota-kota besar di Indonesia.
Salah satu toko furniture yang menyediakan berbagai macam mebel adalah Indraloka Mebel.Indraloka Meubel merupakan toko furniture terlengkap di Jogja. Toko yang berada di Jalan Godean KM. 5 Yogyakarta ini menyediakan segala kebutuhan furniture anda, mulai dari Berbagai sofa, Kursi tamu, Kursi santai, Almari pakaian, almari hias dan masih banyak lagi. Anda dapat memilih kebutuhan furniture karena stock yang di sediakan sangat banyak. Dan juga, anda bisa menawar harga furniture yang anda inginkan.
Untuk itu segera ke Indraloka Meubel, untuk mendapatkan model furniture yang anda inginkan.






II.               PEMBAHASAN

1.         Profil Perusahaan
Nama                           : INDRALOKA MEUBEL
Pemilik                        : Ibu Toni Indrawati
Bentuk Usaha             : Perorangan
Tahun Berdirinya        : 1999
Produksi                      : Mebel
Alamat                                    : Jalan Godean  km.05 Yogyakarta
No telepon                  : 0274 - 625 745 ,  0274 - 741 4140

2.         Sejarah Berdirinya Mebel Indraloka
Perusahaan Meubel Indraloka adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan mebel.  Produk Meubel Indraloka adalah berbagai jenis mebel keperluan rumah tangga dan perkantoran dan industri. 
Perusahaan Meubel Indraloka ada berawal dari sebuah kesukaan terhadap produk yang berbahan kayu jati yang menjadi pekerjaan yang di jadikan profesi yang didukung dengan adanya peluang usaha pada saat itu.  Indraloka meubel berdiri dan memulai kegiatannya pada tanggal 5 april 1999, berlokasi di daerah Jepara.Perusahaan ini dirintis oleh seorang wanita tangguh yang bernama Toni Indrawati didaerah Jepara.Dikarenakan Jepara sangat terkenal dengan hasil meubelnya Ibu Toni Indrawati mempunyai keinginan untuk membuat perusahaan yang bergerak dibidang produksi dan penjualan meubel.
Beriringnya waktu dan melihat peluang pasarnya terus meningkat seiring pertumbuhan pembangunan perumahan dari tahun ke tahun,maka pada tahun itu juga ibu Toni yang dibantu dengan suaminya memproduksi sendiri produksi meubel jati dengan memperkerjakan tenaga tukang kayu jati yang ahli dibidangnya masing masing.
Perusahaan Meubel Indraloka adalah perusahaan swasta nasional yang di kelola dan di kuasai oleh seorang.  Dalam kegiatan produksinya Perusahaan Meubel Indraloka menggunakan modal sendiri. 
Perusahaan Meubel Indraloka hadir di Yogyakarta untuk memenuhi kebutuhan barang pelengkap yang di pakai rumah tangga, kantor dan industri dan pertokoan yang tumbuh semakin pesat. 
Dalam kegiatan industri Perusahaan Meubel Indraloka memproduksi pesanan berdasarkan pesanan dari pihak konsumen, dan menyediakan produk jadi tanpa pesanan.  Perusahaan Meubel Indraloka selain memproduksi juga melayani desain sesuai permintaan konsumen.  Jenis produksinya adalah berbagai perabot lemari, lemari dapur kitchen set, lemari pakaian, tempat tidur, meja dan lemari kantor dan semua barang mebeler sebagai barang pemuas kebutuhan. 
Pasar yang sudah di jangkau oleh Perusahaan Meubel Indraloka selama ini adalah wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.


3.         Sumber Daya Manusia / Karyawan
Perusahaan Meubel Indraloka ini memproduksi semua barang meubel di Jepara yaitu ditempat asal ibu Toni Indrawati dan melakukan penjualan di Yogyakarta.Saat ini ibu Toni Indrawati mempunyai 4 showroom salah satunya di Jalan Godean KM .05 Yogyakarta dengan nama Meubel Indraloka.Di proses produksinya sendiri ada sekitar 25 karyawan yang ahli di bidangnya masing masing seperti tukang kayu jati yang telah handal,tenaga finishing yang berpengalaman serta tenaga pengejokan.Sementara untuk dibagian penjualan terdapat 3 karyawan yang bertugas sebagai penjaga showroom yang menawarkan serta memberikan penjelasan mengenai barang barang meubel yang berada di showroom,dibagian kasir/keuangan terdapat 2 karyawan serta 4 karyawan dibagian pengangkatan barang.



4.         Visi dan Misi Perusahaan Meubel Indraloka
            1.VISI
1.Menjadikan meubel Indraloka terbaik di Jogjakarta
2.Menghasilkan mebel yang  berkualitas unggul
a.   Melayani pelanggan dengan memberikan kepuasan terhadap produk yang dihasilkan.
a.       Menjadi perusahaan mebel yang profesional yaitu sebuah perusahaan yang memiliki manajemen tepat guna dalam mengelola organisasi dan menjalankan usaha.

2.MISI
1.      Menjadi perusahaan mebel yang profesional yaitu sebuah perusahaan yang memiliki manajemen tepat guna dalam mengelola organisasi dan menjalankan usaha.
2.      Menjadi perusahaan terpercaya yaitu sebuah perusahaan yang memiliki akuntabilitas dan kredibilitas yang tinggi.
3.      Menjadi perusahaan mebel terpilih yaitu sebuah perusahaan yang memiliki prioritas utama dalam bekerjasama dengan semua pihak yang berkepentingan.
4.      Pelanggan merasa nyaman berbelanja di showroom kami.
5.      Mebel yang di pilih dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
6.      Pelanggan dapat mendapatkan apa yang diinginkan dan tidak dipaksakan untuk memilih dari apa yang dimiliki.
7.      Pelanggan dapat up to date tentang informasi dari
8.      Mebel yang di tawarkan kepada pelanggan adalah fresh factory (produk baru).
9.      Menyelesaikan permasalahan mebel pelanggan secara cepat.


5          .Tujuan Perusahaan Meubel Indraloka
1.Tujuan Jangka Pendek
a.mewujudkan peluang  pasar melalui inovasi
b.Tumbuh secara berkelanjutan  berdasarkan kekuatan
2.Tujuan Jangka Menengah
a. Memungkinkan konsumen bangga memiliki produk
b. Mendorong pekerja untuk mengembangkan potensi mereka secara penuh
c. Menjalankan perbaikan terus menerus dan proses orientasi
3.Tujuan Jangka Panjang
a.Mempertahankan nama produk Meubel Indraloka
b.Melebihi prestasi kompetitor Meubel Indraloka

6.         Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Perusahaan Meubel Indraloka
1.Tentukan target market dengan jeli
Kami memilih target market yaitu konsumen yang benar benar ingin  menggunakan meubel kami
2.Perkenalkan toko kami yaitu Meubel Indraloka
Agar dapat dikenal secara luas oleh target pasar kami juga mengkomunikasikan produksi kami lewat showroom yang berada di Yogyakarta serta dengan mbebrapa media informasi seperti memasang spanduk/beriklan di majalah serta Koran dan yang pasti menggunakan media internet yang dapat dijangkau oleh semua orang.Kami juga memakai media online seperti facebook,blog serta twitter.Namun yang lebih banyak dikeetahui dari para konsumen adalah datang langsung ke showroom kami.
3.Calon customer tertarik untuk berkunjung.
 Setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali, kami harus menata ulang tampilan toko, terutama yang terlihat langsung dari luar toko. Tujuannya agar toko terlihat hidup dan tidak membosankan.
4. Jual beberapa produk murah.
 Cara lain untuk menarik perhatian calon customer adalah menjual beberapa produk dengan harga yang lebih murah dari harga di pasaran dan memberikan diskon di akhir tahun.
5. Kerja sama dengan pengembang perumahan.
Beberapa perumahan skala kecil dan menengah terkadang memberikan bonus furniture/meubel  kepada pembeli rumah baru. Ini kesempatan kami untuk bisa menjual produk dengan kuantitas yang lebih besar.
6 Berikan pelayanan yang bagus.
Agar pelanggan memiliki kesan yang positif, maka semua karyawan kami yang bertugas di showroom harus memberikan pelayanan yang sangat baik kepada semua orang yang datang. Keramahan dan sikap mau membantu dengan tulus akan sangat dihargai pelanggan.

7.         Stok Penjualan Barang
ü  Penjualan barang tersedia ( Stok di toko maupun digudang )
ü  Penjualan dengan pemesanan yaitu penjualan yang dengan keinginan pelanggan baik dari warna finishing ,bahan kain,serta model dari design sendiri dengan periode pembuatan sesuai dengan jenis dan kesulitan pesanan barang.


8.         Barang yang di Produksi
*      Kursi tamu 1 set
*      Sofa tunggal
*      Kursi Teras
*      Lemari ( Pakaian,Rak buku,Panjang,Jam,Makan)
*      Meja makan 1 set
*      Kitchen set
*      Biffet TV
*      Tempat tidur /dipan
*      Meja rias
*      Pigura cermin
*      Meja konsul
*      Serta aneka  barang lain yang sesuai dengan pesanan yang dibutuhkan pelanggan
9.Jaminan Produksi Barang
ü  Setiap barang yang dijual adalah 100 % kayu jati dan kualitas kayu jati yang digunakan adalah kayu OP ( Perhutani)
ü  Sistem finishing dengan kualitas tinggi dengan menggunakan bahan bahan finishing dari Propan Painting Company
ü  Pemberian kartu garansi 1 tahun untuk busa dan pengejokan
ü  Pembelian pelayanan/service 1 tahun untuk perbaikan barang di Yogyakarta


10.  Proses Produksi Meubel
Indraloka mebel melakukan produksi dengan system dipajang di toko dan sistem pesan terlebih dahulu dan membuat sampel untuk promosi. Dalam proses produksi ada   beberapa tahapan mulai dari pemilihan bahan, pengukuran, perakitan, penyelesaian.
Bahan baku mebel adalah kayu jati.Selain bahan baku kayu jati masih diperlukan tambahan beberapa bahan pembantu yang sering digunakan untuk pembuatan mebel antara lain sebagai berikut : polytur digunakan untuk mempercantik penampilan mebel, alat kunci, paku, lem, engsel, dan lain-lain. Memperoleh bahan baku dari supplier yang tidak tentu (tergantung kebutuhan dan harga).
Alat produksi yang digunakan oleh para tukang mebel terdiri dari alat-alat yang masih sederhana tetapi ada juga yang sudah modern. Alat-alat mebel tersebut antara lain : Gergaji, Bur, Bubut, Sekel, Asah / Kikir, Bengso (alat pemecah kayu).
Jumlah tenaga kerja yang ada 25 orang, Mereka termasuk tenaga terampil dan berpengalaman dibidang ini.

11. Upaya Indraloka Mebel dalam mengembangkan usahanya di tengah persaingan ekonomi
Upaya yang dilakukan Indraloka Mebel adalah meningkatkan kualitas produk dengan memberikan desain mebel yang lebih unik, dan bervariasi. 
Selain meningkatkan kualitas produk, Indraloka Mebel juga meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan member garansi produk jika ada produk barang yang rusak, tepat waktu dalam memproduksi pesanan pelanggan.

12.       Modal,Harga,dan Keuntungan dari Meubel Indraloka

Modal yang dipersiapkan oleh Ibu Tomi Indrawati  untuk membuka usaha mebel ini mengeluarkan dana sekitar 60 sampai 100 juta rupiah untuk membuat showroom serta proses produksi. Sebagian besar untuk membeli peralatan pertukangan .Sedangkan, untuk membeli kayu, cat, pernis, dan ampelas membutuhkan dana sekitar Rp 25juta per bulan, selebihnya adalah biaya operasional, seperti listrik, dan air.

Harga dari meubel yang terdapat di showroom kami bervariasi menurut jenis barang,kesulitan serta tekhnik finishnya.Jika disebutkan satu persatu banyak sekali harga per barang meubel,jadi kami memperhitungkan per setiap barang sesuai dengan jenisnya berkisar dari 1,7 juta sampai dengan 25 juta.

Keuntungan dari usaha mebel ini kami rasakan cukup besar. Berdasarkan jumlah harga tersebut, kami bisa meraup keuntungan sekitar 90 juta per bulan, namun dengan keuntungan yang cukup besar tersebut kami masih merasa kalau usaha mebel kami belum berkembang sepenuhnya, dan masih perlu usaha lagi agar lebih maju dan berkembang serta dikenal di mancanegara.

13        .Standar Mutu

Indraloka Meubel telah mendapat kepercayaan dari para konsumen dengan jaminan kualitas dan perbaikan kualitas.Indraloka Meubel juga mendapat Standar Mutu Nasional yaitu ISCA dan system manejemn kualitas ISO 9001-2000.

14.       Pengiriman Barang

Indraloka Meubel sebelum mengirimkan barang selalu menservis dan mengecek bagaimana kondisi barang yang akan dikirim ke konsumen.Selain itu juga dalam pengiriman barang,barang yang akan dikirim dilapisi oleh kardus/bahan yang lunak untuk melapisi produk mebel serta diangkut oleh mobil Pick up untuk jarak dekat serta mobil bak tertutup untuk jarak jauh.
 Indraloka meubel juga sangat mengkondisikan barang saat pengiriman dan apabila barang sebelum diterima oleh konsumen ternyata rusak dari perusahaan Indraloka akan bertanggung jawab untuk mengganti yang baru.Kualitas dari setiap produk sangat diutamakan oleh Indraloka Meubel.

15.       Berbagai kendala yang dihadapi Indraloka Meubel dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa kendala yang umumnya dihadapai oleh Indraloka Meubel seperti :
a.       Kesulitan Memperoleh Bahan Baku
Sulit mendapatkan bahan baku dengan kualitas yang bagus dan harga terjangkau. Penggunaan bahan baku yang spesifik dan unik untuk usaha mebel dan tidak selalu terdapat di wilayah sekitar.
b.      Keterbatasan Teknologi
Minimnya pemanfaatan teknologi internet dalam desain, pemasaran, dan promosi hasil produksi.
c.       Keterbatasan Sumber Daya Manusia dengan kualitas yang baik
Sulitnya mendapat tenaga kerja yang memiliki keterampilan dalam bidang usaha mebel seperti mengukir, mendesain, mengecat, dll.

Cara mengatasi kendala tersebut adalah sebagai berikut :

a.         Usaha Indraloka Mebel harus memikirkan bahan baku alternatif lainnya sebagai pengganti bahan baku utama untuk mengatasi kesulitan memperoleh bahan baku.
b.         Untuk masalah dibidang Teknologi, Indraloka Mebel harus menambah tenaga kerja yang memiliki keahlian TI. Dengan adanya teknologi informasi dapat mempermudah usaha Indraloka dalam memasarkan produknya.
c.         Cara yang dilakukan untuk memperoleh SDM dengan kualitas yang baik adalah penerapan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian serta profesionalisme tenaga kerja dan mendorong peningkatan produktivitas industri mebel.


III.KESIMPULAN

Berdasarkan hasil wawancara kami dengan Ibu Toni Indrawati selaku pemilik Indraloka Meubel dan karyawan dari Perusahaan Indraloka Meubel , maka dapat disimpulkan bahwa untuk menjalankan suatu usaha yang harus diutamakan adalah kulitas dari produ yang kita buat serta bagaimana cara kita meraih hati semua konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar